PENASARAN sama Rangka SUZUKI GSX 150??. njeeernnggaattt!!!

11.18
Kuper mania..
Seperti kita ketahui telah beredarnya gambar rangka dari SUZUKI GSX 150. Pasti kita bertanya-tanya kok Suzuki bikin rangka simpel banget seperti itu.? Nah saya coba untuk menjelaskan semampu saya,, oh ya.. untuk ini saya pelajari cukup lama, tanya sana-sini, ke mbah dukun,telek sandi, bahkan pawang ujan.. botak ndas,e kang brooo... 

Ya udah langsung saja kita jembreng kan saja.. blaaaakotang wess.. 
Kita mulai dari dasar apa itu rangka..?? Di lihat dari segi struktur atau bentuk rangka mempunyai fungsi antara lain harus mampu menempatkan dan menopang mesin, transmisi,suspensi dan sistem kelistrikan, serta komponen-komponen lain yang ada dalam sepeda motor. Oleh karena itu rangka sebaiknya kuat dan kaku tapi ringan. Sedangkan jika ditinjau dari segi geometri,rangka harus sesuai dengan geometri yang diinginkan sistem kemudi dan suspensi. Rangka juga harus mampu menjaga roda tetap sejajar lurus antara depan dan belakang.



Setelah mengetahui pengertian dasar rangka, kita berlanjut ke filosofi dasar pembuaatan clan GSX. Sejak pertama kali di buat, GSX sudah merancang standarisai dimana GSX harus power full, memiliki power yang mumpuni dan mudah di kendalikan. Tantangan terbesar saat meracik GSX yaitu pengembangan mesin dan sasis untuk memaksimalkan output tenaga dan kecepatan, setelah itu pengurangan bobot juga menjadi faktor penentu yang perlu diwujudkan.tim pengembang sasis berkonsentrasi pada sasis yang berbentuk sederhana, kompak namun kuat. Dengan komponen berkualitas tinggi, mereka mampu menciptakaan sasis baru dengan bobot yang ringan. Dengan semua standar dan proses itu lah terciptalah sepeda motor yang powerfull serta mudah di kendalikan yaitu clan GSX.


Dari standarisasi yang di terapkan untuk menciptakan clan GSX itu, tidak terkecuali di GSX150 pun di terapkan standarisasi itu. Itu sebabnya kenapa sasis dari GSX150 itu terkesan simpel. Tapi jangan salah, dari segi peforma ranga GSX150 itu sangat bagus.

Yang perlu di ketahui, tim riset sasis telah melakukan pengujian tertinggi yang di lakukan tim dari SUZUKI indonesia bersama tim dari japan yang juga tim riset sasis Supersport GSXR series.. 

Sebenarnya bikin sasis itu tidak perlu rumit atau terkesan wah, karna nantinya juga bakal tertutup bodi motor, akan tetapi pembuatan sasis harus memiliki dua prinsip ini.


Pertama. FUNGSI DASAR.
Sasis harus bisa menopang mesin,suspensi,lengan ayun,dan bodi motor itu sendiri. Oleh sebab itu sasis harus di buat dari bahan yang berkualitas tinggi agar bisa kuat,kaku,dan rigid dan kalo bisa seringan mungkin, yang nantinya akan berpengaruh pada peforma motor itu sendiri. Nah soal kualitas matrial jangan kawatir, SUZUKI memiliki standar kualitas yang tinggi, dan dalam hal ini suzuki japan gak mau tawar-menawar, apalagi ini menyangkut nama besar GSX series yang sudah di rintis 31 tahun terakir. 

Kedua.  Geometri.
Geometri ini sangat bergubungan dengan center of grafity atau titik tumpu. Di mana titik tumpu ini nantinya akan berpengaruh sangat besar terhadap stabilitas motor. Seperti kita tau rangka dari GSX150 ini sangat mirip dengan rangka satria fi dimana titik tumpu satria Fi tepat di tengah. Bisa di pastikan bahwa rangka ini stabil. Soal stabilitas,SUZUKI terbaik, mulai dari satria r, shogun kebo,dsb stabil banget kan.


Shogun kebo yang murni rangka bebek aja ueeenak banget buat rebahan apalagi ini yang murni rangka motor sport. 

Kesimpulannya, clan GSX emang rangka di buat simpel,kuat,ringan dan stabil untuk mendapatkan peforma terbaik motor, sehingga nurut saat kecepatan tinggi,atau saat rebahan..

Masih ragu kuper mania..??
langsung aja sikat dengan mendaftarkan indent disini..

Trimakasih kuper mania sudah mau meluangkan waktu membaca catatan orang kuper ini. Semoga kalian di mudahkan rizqi nya agak bisa meminang SUZUKI GSX150.
SALAM_KUPER

Inden disini sekarang juga...!!!!

http://www.suzukigsxrs150.com/


SUZUKI BANGKIT
GSXR150
GSXS150
NYALAKAN NYALI gila suzuki mu.!!

Previous
Next Post »