SEJARAH suzuki. klan GT series, GT 100,125,185,250,380,500,750

08.49

Gila suzuki.
Sejarah panjang suzuki di dunia otomotif memang tak bisa terelakan, baik di dunia balap maupun motor-motor legendarisnya. Salah satu produk suzuki yang melegenda di dunia yaitu SUZUKI GT serie, GT 100,125,185,250,380,500,750 adalah klan sport 2tak suzuki untuk pasar global. Yang masih memelihara GT series boleh berbangga, karna selain motor ini sangat langka, juga adalah produk global yang secara kualitas terjamin.. 

Di indonesia sendiri kehadiran Suzuki GT series di awali dengan hadirnya GT100 sekitar tahun 1973, di ikuti oleh kakak-kakak nya GT125,GT185 dan GT250. Dengan teknologi kekinian di jaman kekonoan GT series masuk dalam jajaran motor sport kencang di eranya. BTW, ngomong kencang tentu berkaitan dengan dunia balap.... wesss kene gopo2 obong2 congorr sek om dab.. wkwkwkwkwkwkwk....



kita ke ajang dunia dimana SUZUKI GT series terjun di sana dengan GT750s dan GT500s. Dengan bermodal modifikasi GT750s dan GT500s terjun di dunia balap dengan pembalap fenomenal Berry Sheene dan Ron Grant. Dengan kerja keras semua pihak pada Tahun 1973 dengan motor F750 Barry sheene menjadi juara di Grand pix. Dan di kelas 500cc ada Jack Findlay sebagai juara grand pix dengan Suzuki T500. 

Tidak kalah keren GILA suzuki. Pembalap indonesia pertama yang naik podium di Grand pix pun memakai motor suzuki T500. Dia adalah SONY SAKSONO pembalap indonesia pertama yang naik podium di GP. Tidak terbantahkan bukan bagaimana sejarah panjang suzuki..

SONY SAKSONO, atau nama lengkapnya adalah Namanya SAKSONO SASTRO ATMODJO, Lahir 3 Desember 1946. Beliau berasal dari keluarga besar SASTRO ATMODJO, adik dari ANWARI S.A (pembalap era 1960an), SARSITO S.A yang juga masih kakak kandung dari SIDARTO S.A (pebalap motor dan mobil era 1970an).
Sony Saksono, adalah pembalap kenamaan Indonesia era 60-70an, bahkan satu satunya dalam sejarah GP motor dunia kelas 500cc asal Indonesia yang pernah naik podium kedua di GP Zandvoort, Belanda. Dia mengikuti balap dibawah naungan tim Belanda milik Meneer Bant.
Namun saat mengikuti kejuaraan balap motor internasional di sirkuit Prievidza Cekoslovakia, Sony Saksono mengalami kecelakaan fatal saat latihan babak kualifikasi pada hari sabtu tanggal 12 agustus 1972.


Motor suzuki T500 dan helm Sony Saksono yang kini ada di musium sirkuit sentul




Sirkuit balap pada masa itu belum terlalu memikirkan unsur keamanan dan keselamatan bagi para pembalap. Terbukti di Prievidza circuit ini ternyata ada lintasan kereta api yang dekat dengan jalur balap, dan menurut sumber yang saya dapat kecelakaan itu berawal saat Sony kehilangan kontrol kendaraan pada saat kecepatan tinggi memasuki tikungan dan menyebabkan sepeda motornya keluar jalur track balap kemudian masuk ke jalur rel kereta api dan terjatuh diatasnya. Pada sumber ini disebutkan nama Sony Saksono menjadi John Saksono. Berikut screen shoot sumber berita tersebut.

sumber tentang keikutsertaan Sony Saksono/John Saksono pada GP motor 500cc dimana dia mendapat podium kedua dapat dilihat pada cuplikan scan berita koran/majalah motor berbahasa belanda berikut ini.



Sepeda motor yang digunakan Sony Saksono waktu lomba, sepeda motor yang digunakan adalah versi balap dari Suzuki T500.
Seperti yang kita ketahui bersama, pada saat itu kebanyakan motor balap sejatinya merupakan modifikasi dari sepeda motor yang dijual massal atau dijual bebas termasuk Suzuki T500 ini. Pada saat balap T500 ini mendapat sentuhan modifikasi khususnya pemasangan fairing, knalpot racing, penggunaan tangki model balap dan juga single seater. Nama balapnya adalah Suzuki TR500.
Demikian sekilas sejarah tentang seorang alm. SONY SAKSONO pembalap asal Indonesia pertama kali naik podium di grand pix, pembalap yang pernah mengharumkan nama bangsa, semoga arwah beliau mendapatkan tempat di sisi-Nya, Amin!


Nah mantab bukan sejarah panjang suzuki dengan GT series nya. Adalah kebanggan tersendiri memiliki motor yang di pasarkan secara global, karna secara kualitas lebih terjamin. Seperti GSXR dan GSXS series yang di pasarkan secara global untuk era sekarang ini. GSX-R150 dan GSX-S150 untuk pasar asean, dan GSX-R125 dan GSX-S125 untuk pasar eropa,australia. Njeengggaaatttzzzz tenan... 

#Suzukibangkit
#Fightback
#Salam_njeenggaaattzzz


Previous
Next Post »