Apakah Sebuah Teknologi Itu Mahal?

09.40

PengGILA Suzuki... 

ojo lali ngopi, cek padang matane..  wkwkwkwkwk.. 
Sambil ngopi kita pikirkan hal yang ringan-ringan berat yukkk... Bicara soal sepeda motor tentu tidak akan lepas dari yang namanya Teknologi. Semua pabrikan berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah teknologi untuk di terapkan di motor buatanya agar memiliki keunggulan tersendiri. Baik untuk motor balap maupun untuk motor massal. Dari motor cc paling kecil sampe yang ber cc besar, dari yng paling murah,dan yang paling mahal semua sudah di cekokin yang namanya teknologi. Lha iyo to...? Yo iyo... hahahahaha.

Di dunia balap motor, teknologi di kembangkan secara gila-gilaan, apalagi di MOTO GP. Banyak teknologi tercipta disana, seperti petangkat elektronik, SSG dsb di era sekarang ini. Lantas apakah semua teknologi yang ada di dunia balap motor seperti di MotoGP bisa di terapkan di motor massal..? Ya bisa saja, asal secara keamanan dan daya tahan memenuhi untuk di terapkan di motor masal. Yang lebih penting adalah ketika teknologi canggih itu di terapkan pada motor massal, apakah bisa masuk untuk harga jual motor itu sendiri... Kalo syarat-syarat itu terpenuhi kenapa tidak..? Akan tetapi kita tidak akan bahas soal motor balap, tetapi soal teknologi motor massal.




Sudah buanyak,bahkan tak terhitung teknologi yang di terapkan pada motor massal. Kalo beberapa tahun lalu heboh soal Teknologi TSCC( Twin Swirl Combution chamber) yang pertama di terapkan di motor motor suzuki dan juga di ikuti oleh beberapa motor eropa. Di susul teknologi LEaP Technology (Light, Efficient, and Powerful) yng di tetapkan di motor-motor suzuki, termasuk motor yang di jual di indonesia seperti inazuma,nex,lets, shooter address. Trus boomingnya teknologi dual Spray injektor, yang di terapkan di Suzuki GSX. Kini terlah ramai di bicarakan soal teknologi sistem kopling yaitu "Assist & slipper clutch"
Yang Akan kita bahas adalah apakah sebuah teknologi itu mahal?.


Pertanyaan itu muncul di benak saya ketika membaca dua postingan Zona Motor ID tentang komparasi sepeda motor dimana pautan harga lumayan jauh,. Motor sport dengan teknologi yang berfungsi sama hanya nama yang berbeda,  dan lagi.. ketika kelas bebek murah pun di komparasikan, yang satu memakai teknologi motor sport di atas, dan yang satu tidak. Akan tetapi yang memakai teknologi motor sport bisa lebih murah.. kok bisa gitu yAAA???



Ya memang sebuah teknologi itu mahal, karena memang di butuhkan waktu riset yang panjang, serta biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi ketika sebuah teknologi sudah masuk ranah produksi massal teknologi harus mempunyai syarat keamanan dan daya tahan, dan yang paling penting adalah masuk di kantong. Seperti syarat di atas..

Last... ini hanya sebuah pemikiran ngawur dari tukang semir sepatu yang berharap berusaha jadi artis pendatang baru. Ndak perlu serius, tapi jangan di abaikan.. 
Ngoooahahahahaha...

#Salam_njenggattzzz
Previous
Next Post »