Touring SUZUKI GSX-S150, sahabat jelajah sejati (1)

08.31

GILA Suzuki...

Apakabar nih,. Semoga sehat ya gila suzuki semua..
Berhubung waktu touring GSX-S150 yang di lakukan awak media dan blogger dari jakarta ke surabaya beberapa waktu lalu saya ngak bisa menenuhi undangan karena padatnya jadwal saya,, maklum ya blogger artis pendatang baru pasti sibuk.. ngioooahahahaha...
Hal itu membuat saya penasaran bagaimana rasana memacu Suzuki GSX-S150 untuk jarak jauh. Bermodal rasa penasaran itulah, saya mencoba melakukan peminjaman unit GSX-S150 ke dealer terbesar di kota saya, yaitu dealer suzuki INDO SOLO JAJAR. Dan alhamdulilah,, karena semua karyawan disana baik dan ramah saya mendapatkan pinjaman unit suzuki GSX-S150 selama 3 hari. Menang rute yang akan saya tempuh tidak lah sejauh touring awak media dan blogger waktu lalu. Tapi rute saya cuma berjarak 85KM saja, namun hal itu sangat cukup untuk mengetahui peforma sesungguhnya Dari SUZUKI GSX-S150.
Rute yang saya ambil dari SOLO ke Purwodadi, melalui jalur tengah yang mana itu daerah pedesaan dan perbukitan yang banyak tikungan, jalan rusak berbatuan, tanjakan dan turunan pastinya.... Dari solo ke utara melalui Mojosonggo, Plupuh, tanon, gesi, tangen terus tembus ke kuwu,kradenan Grobogan (atau yng lebih di kenal Purwodadi). Bersama istri tercinta saya telusuri jalanan pedesaan dan menikmati pemandangan yang indah dimana persawahan, ladan dan hutan menghiasi.

Hal pertama yang terkesan bagi saya saat menaiki suzuki GSX-S150 adalah posisi riding yang mantab. Pas banget tidak nunduk, tidak juga terlalu tinggi. jarak antara jog dan stang pun tidak terlalu jauh. Pokojnya nyaman banget. Hal inilah yang memudahkan saya bermanufer untuk menghindari lubang atau jalan rusak ( maklum om bro, jalur pedesaan ya begitu adanya)

Selain posisi Riding yang membuat saya terkagum, adalah power yang Njeenggaattzz om bro... bermodal mesin 150cc dohc injeksi dengan muntahan power sebesar 19hp tentunya ini memanjakan untuk kelas motor 150cc. Bukan hanya disitu om bro yang bikin saya kagum. Biar di bilang bermodal mesin DOHC overbore yang memiliki khas unggul di putaran atas, akan tetapi di GSX-S150 ini berbeda. Putaran bawah khas motor touring bisa anda rasakan di GSX-S150 ini, hal ini terbukti ketika keluar tikungan dan langsung melakukan sprint, dengan ENTENG GSX-S150 dapat melaju dengan cepat. Naiknya cepet banget coooyyy.... selain saat keluar tikungan, untuk menaklukan tanjakan pun SUZUKI GSX-S150 sangat perkasa di kelas 150cc 4 tak.. tikungan dilahap tanpa perlu kita mengantung RPM khas motor DOHC overbore, di GSX-S150 sangat enteng untuk di anjak menaklukan tanjakan..
Penasaran dengan power di putaran bawah, saya perfikir untuk menguji ke medan yang lebih berat nanti saat pulang ke solo..Soal power di putaran bawah (nanti akan saya bikinkan di artikel selanjutnya)

Dengan berbekal power yang NJEEEENGGAATTTZZZ.. tentu harus di imbangi sistem rem yang bagus, hal itu wajib untuk keselamatan rider. SUZUKI tentu sudah pertimbangkan hal itu, dengan riset panjang nya, sistem pengereman suzuki GSX-S 150 maupu GSX-R 150 ini sangat baik. Berbekal master rem dari bybre dari anak perusahaan brembo dan selang rem dari brembo untuk depan. Untuk rem belakang suzuki mempercayakan Nissin, membuat sistem pengereman bekerja sangat baik. Alhasil ketika hardbrake pun tidak terjadi selip, tentu hal itu juga di pengaruhi Rangka yang kuat dan kompak.

Karena melewati jalan yang rusak, tikungan juga tanjakan yang tak kalah menarik perhatian saya pada Suzuki GSX-S150 ini adalah suspensi. Ketika menghantam lubang yang cukup dalam suspensi bekerja dengan baik, ayunanya sangat lembut sehinga tidak terasa "JEDUK is JEDOOGG". Yang bikin aneh lagi, meskipun suspensi bisa di bilang lumayan empuk, saat di di ajak melahab tikungan, saat masuk, atau keluar tikungan GSX-S150 begitu nurutt, tidak ada terjadi goyang/limbung... bener-benar ini pengalaman berkendara yang indah,, setidaknya begitu yang saya rasakan bersama istri..

Terus bagaimana saat GSX-S150 di ajak boncengan...??
Menurut saya sebagai pengemudi, jusru GSX-S150 lebih nyaman, karena suspensi terasa empuk, saat melewati jalan rusak itu enak banget, apakah terasa pegal di tangan,? Tidak, selama goncenger tidak menekan kedepan. di ajak Bermanufer pun tidak menganggu kelincahan dari GSX-S150.
Lalu bagaimana dengan boncenger?? Ini kutipan kata-kata istri saya yang saya ajak mengendarai GSX-S150 "aku ngeroso duwur, rosone enak, nyaman, ora pegel neng sikil, cuma jog rasa ne atos, rodo pedes neng bokong"
Bahasa indonesianya "saya merasa tinggi, rasanya enak, nyaman, tidak pegal di kaki, cuma jog rasanya keras, agak pedas di pantat" begitu om bro... hehehehehe..

Pamungkasan,,,, SUZUKI GSX-S150 menawarkan kenyamanan berkendara, dengan power yang paling mumpuni di kelas sport 150cc naked. Bila anda penasaran atau tidak percaya dengan pengaalaman saya ini silahkan buktikan sendiri.
Hasil rundingan dengan salah satu sahabat saya owner R25, GSX-S150 kalo di ibaratkan seperti WANITA, GSX-S150 bukan lah wanita yang pas di lihat pertama kali langsung terlihat cantik dan menarik. Akan tetapi GSX-S150 itu ibarat seperti Gadis desa yang memiliki wajah manis, yang nampak biasa saja, akan tetapi semakin di lihat akan semakin manis. selain itu seperti wanita yang memiliki kepribadian baik,, semakin anda mengenal, anda akan semakin tertarik dengan kepribadiannya. Ingin semakin mengenal dan memilikinya.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca.

Salam NJEENGGAAATTZZ

posted from Bloggeroid

Previous
Next Post »